Sukses

5 Pemain dengan Koleksi Menit Terbanyak di Liga Inggris

Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Ketergantungan kepada pemain memang hal yang biasa di sepak bola. Bahkan lima pemain ini punya koleksi menit terbanyak di Liga Inggris dalam lima musim terakhir.

Posisi pemain memang menentukan soal menit bermain. Selain itu, kepemimpinannya di lapangan juga jadi salah satu indikator yang mutlak.

Kalau di Italia, mungkin Gianlugi Buffon patut disorot. Kiper Juventus ini sudah koleksi lebih dari 49 ribu menit di lapangan.

Nah, di Liga Inggris juga ada pemain yang acap jadi andalan. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya dikutip dari CIES:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ashley Williams - Swansea City: 13.930 menit

Bek asal Wales ini memang bak tembok kokoh di pertahanan Swansea City. Dia telah mengunci satu posisi sejak dipromosikan oleh Brendan Rodgers.

Williams bahkan pernah belajar bahasa Spanyol agar bisa berkomunikasi dengan pemain baru. Dia ingin mematikan kalau komunikasi di lapangan tak bermasalah.

Tapi, setelah sukses di Euro 2016, dia meninggalkan Swansea City. Kini, bek 32 tahun itu tengah berkostum Everton dan sudah emainkan 27 pertandingan.

3 dari 6 halaman

Hugo Lloris - Tottenham Hotspur: 14.169 menit

Saat ini, kiper asal Prancis itu ada di musim kelima bersama Tottenham Hotspur. Lloris juga sudah mendatangani satu tahun perpanjangan kontrak untuk memastikan klub lain gigit jari.

Nyatanya, main di Liga Inggris seperti rumah bagi Lloris. Betapa tidak, dia telah menghabiskan waktu sekitar 14 ribu di lapangan.

Awalnya, Lloris sempat merasa kesulitan jadi penjaga gawang nomor satu. Ini setelah Michael Vorm main apik. Namun, perlahan dia bisa menyingkirkan kiper Belanda itu.

4 dari 6 halaman

Ryan Shawcross - Stoke City: 14.301 menit

Pemain Stoke City ini memang tak seperti bek lain yang telah secara terus menerus memainkan 30 laga tiap musimnya. Meskipun cuma main 20 pertandingan musim lalu karena cedera, bek asal Inggris ini tetap jadi kepercayaan hingga kini.

Shawcross sendiri terkenal karena nyaris mengakhiri karier Aaron Ramsey. Namun, dia segera bangkit dari kritik.

Bersama Stoke, Shawcross sendiri telah menjaga Stoke City terus bertahan di Liga Inggris sejak promosi. Aksinya di lini belakang masih penting untuk Stoke City.

5 dari 6 halaman

Gareth McAuley - West Bromwich Albion: 14.561 menit

Urutan kedua ada nama McAuley. Ya, bek veteran ini masih saja menjadi pilihan utama bersama West Bromwich Albion padahal usianya sudah 37 tahun.

Banyak hal yang jadi alasan, terutama kelihaiannya mencetak gol. Pada musim ini, McAuley sendiri sudh mengemas enam gol.

Bek Irlandia Utara ini sudah mengoleksi 14.561 menit. Setidaknya capaian ini membantu The Baggies untuk tempati posisi kedelapan liga.

6 dari 6 halaman

David De Gea - Manchester United: 15.554 menit

Nama De Gea di puncak sebenarnya tak terlalu mengherankan. Sebab, kiper Manchester United ini memang selalu jadi pilihan utama di Liga Inggris.

Dia sudah mengoleksi 15.554 menit dalam lima musim terakhirnya. Sejak bergabung dengan klub usia 20 tahun, kiper asal Spanyol ini tak hampir tak tersentuh.

Padahal, dia sempat sulit dapat tempat utama di bawah Sir Alex Ferguson. Namun, perlahan tapi pasti mantan kiper Atletico Madrid ini bangkit.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.