Sukses

Start di Posisi 10, Ini Strategi Rossi Taklukkan Sirkuit Losail

Rossi menyatakan menerima pembatalan kualifikasi di MotoGP Qatar

Liputan6.com, Losail - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menerima keputusan pengelola MotoGP yang membatalkan kualifikasi lomba di Sirkuit Internasional Losail Qatar. Pasalnya, lintasan dinilai tidak aman untuk para pembalap akibat adanya genangan air di beberapa titik, setelah hujan deras terus menerus mengguyur sirkuit.

Posisi start pada balapan nanti, MotoGP mengambil dari akumulasi catatan waktu para pembalap hingga sesi latihan bebas ketiga. Hasilnya Rossi harus start ke-10. Pole position direbut rekan setim Rossi, Maverick Vinales.

Rossi menyatakan menerima keputusan tersebut, meski dia harus start di posisi ke-10 pada balapan Minggu siang waktu setempat (26/3/2017).

Rossi menyebut pembatalan kualifikasi adalah hal tepat. Dan, sekarang harapan Rossi agar bisa balapan dengan baik adalah perbaikan set-up yang cukup dalam pemanasan.

"Masalah pertama adalah bahwa saya harus mulai balapan dari urutan ke-10," kata pembalap berusia 38 tahun ini. "Jadi bagi kita sedikit kurang beruntung, karena biasanya saya bisa meningkatkan posisi jika trek dalam kondisi basah maupun kering."

Memang, bukan untuk pertama kalinya, Rossi percaya sesi pemanasan akan menjadi kunci dalam balapan. Karena itu, dia akan berusaha untuk meningkatkan performanya agar bisa bersaing di urutan depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecepatan

Rossi sebenarnya sudah merencanakan perubahan ini dalam sesi kemarin. Tapi, harapannya buyar akibat cuaca Qatar yang tidak kooperatif.

"Masalah kedua adalah bahwa selama tes dan berlatih, saya tidak pernah memiliki kecepatan yang besar. Jadi saya pikir besok pagi akan sangat penting, jika kita mampu meningkatkan pengaturan, dan jika saya bisa meningkatkan kecepatan," kata Rossi.

"Saya akan mencoba untuk melakukan balapan dengan baik. Kita lihat saja nanti."

Jago Lintasan Basah

Selama ini Rossi dikenal sebagai pembalap yang cukup jago di lintasan basah. Namun Rossi ragu pengalaman bagusnya di balapan basah akan membantunya menang di Losail, Qatar.

"Saya tidak tahu, karena mungkin dengan jumlah air, mereka membersihkan lintasan, dan lagi pula, kami memiliki satu setengah jam pemanasan dan dua balapan sebelum MotoGP. Jadi dalam kondisi normal, lintasan bisa dalam kondisi yang baik," pungkas Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.