Sukses

Pedrosa Keluhkan Lintasan Bergelombang MotoGP Austin

Pedrosa menyebut lintasan di MotoGP Austin seperti motocross.

Liputan6.com, Austin - Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, dipusingkan dengan kondisi lintasan Circuit of the Americas (COTA) di MotoGP Austin yang bergelombang. Kritikan itu disampaikannya seusai menjalani sesi latihan bebas pertama MotoGP Austin 2017.

Pedrosa mengatakan kecepatan motornya sedikit terhambat lantaran ada benjolan besar yang terdapat di beberapa tikungan. Akibatnya pembalap Honda gagal menggeber kecepatan RC213V dengan maksimal.

Ditambahkan, banyaknya benjolan yang terdapat di COTA diibaratkan Pedrosa seperti menyerupai lintasan motocross. Situasi inilah yang kurang menguntungkan buat rekan setim Marc Marquez saat ia sedang membidik kemenangan perdana di MotoGP musim ini

"Untuk sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Austin, saya pikir ini berjalan dengan baik-baik saja. Namun trek musim ini sangat bergelombang. Ada beberapa titik dengan benjolan yang sangat besar di tempat pengereman di putaran satu, lima, enam dan 10," terang Pedrosa, seperti dikutip dari Cycleworld, Sabtu (22/4/2017).

"Saat kami bergerak ke kiri namun pada bagian belakang motor kami lurus layaknya motocross. Kami memang harus lebih belajar banyak mengenai elektronika, namun hal ini tentunya tidak mudah. Kami menggunakan knalpot baru, tapi tampaknya kami harus lebih banyak mengumpulkan data. Kami berusaha memperbaiki diri sejauh ini," jelasnya.

Keluhan yang disampaikan Pedrosa cukup beralasan mengingat itu sangat menyulitkan upaya tim Honda untuk menyelaraskan mesin baru RC213V jenis big bag dengan perangkat electronic control Unit (ECU) di MotoGP tahun ini. Sehingga mesin elektronik yang pembalap Spanyol gunakan tidak didesain untuk trek seperti ini melainkan trek dengan lintasan datar.

"Ketika motor melompat roda spinning tidak ada kontak, sehingga secara otomatis motor akan memotong tenaga. Sehingga tidak ada cara untuk mengatasinya," beber Pedrosa.(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini