Sukses

Pimpin Klasemen MotoGP, Adik Marquez Puji Rossi

Alex Marquez menyebut Rossi sebagai pembalap paling konsisten di MotoGP 2017.

Liputan6.com, Austin - Kesuksesan Valentino Rossi memuncaki klasemen pembalap MotoGP 2017 telah mengejutkan banyak pihak. Mulai dari Jorge Lorenzo hingga Marc Marquez. Bahkan, adik kandung Marquez, Alex Marquez ikut bicara soal kehebatan Rossi.

Soal kecepatan, Rossi memang tak sehebat Marquez Maverick Vinales di MotoGP 2017. Terbukti, ia mengalami lebih banyak masalah jika dibandingkan dua pembalap tersebut. Namun, faktanya Rossi adalah pembalap yang paling konsisten hingga seri ketiga.

Meski belum meraih kemenangan, Rossi menjadi satu-satunya pembalap yang rutin naik podium di tiga balapan awal. Hal itu yang membuat Rossi berhak memuncaki klasemen pembalap MotoGP dengan raihan 56 poin, unggul enam angka atas Vinales dan 18 poin atas Marquez.

"Ini semua terfokus pada dirinya sendiri (Marquez). Jelas Maverick berada di tingkat yang tinggi. Namun, tak satu pun dari dua pembalap tercepat itu memimpin. Rossi adalah pemimpin, bukan tercepat tapi yang paling konsisten," jelas Alex, pembalap Moto2, dilansir Tuttomotoriweb.

Sejatinya, tak ada yang menduga Rossi akan bisa bersaing dengan Marquez dan Vinales di MotoGP 2017. Pasalnya, pembalap Movistar Yamaha itu menemukan banyak masalah sejak tes pramusim. Bahkan, masalah besar juga harus dihadapi Rossi hingga sesi latihan bebas MotoGP Qatar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjuangan Rossi

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi memuncaki klasemen pembalap MotoGP 2017 usai seri ketiga. (GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Pada akhirnya, ia memulai balapan dari urutan ke-10. Namun ia tetap mampu finis di urutan ketiga. Hal serupa juga diperlihatkan The Doctor pada MotoGP Argentina di mana ia start dari urutan ketujuh dan finis di podium kedua.

Pada MotoGP Austin, pembalap berusia 38 tahun itu memperlihatkan kehebatan dalam hal pengalaman untuk menaklukkan lintasan Circuit of the America (COTA). Selain itu, ia juga diuntungkan dengan terjatuhnya Vinales. Meski Marquez yang merebut podium juara, finis sebagai runner-up sudah cukup bagi Rossi untuk mengambil alih puncak klasemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.