Sukses

Final Liga Europa: Pogba Bawa MU Ungguli Ajax

Liputan6.com, Solna - Peluang Manchester United (MU) untuk memenangkan gelar Liga Europa 2016/2017 semakin terbuka. Pada babak pertama melawan Ajax Amsterdam dalam final di Friends Arena, Kamis (25/5/2017) dinihari WIB, MU unggul 1-0.

Tempo langsung berjalan cepat, MU yang lebih dulu mengancam pertahanan Ajax. Adalah Paul Pogba yang melepaskan tembakan spekulasi dari depan kotak penalti Ajax. Namun, arah bola masih melenceng dari sasaran.

Setan Merah terus berjuang untuk menggempur pertahanan Ajax. Marcus Rashford pun sampai ikut membantu serangan lewat sisi sayap kanan. Namun hingga menit ke-10 pergerakannya belum mampu menembus pertahanan Ajax.

Justru pergerakan Mata yang sempat membuat lini belakang Ajax ketar-ketir di menit ke-10. Dari sisi kiri, ia melepaskan umpan yang sebenarnya cukup bagus. Sayang Marouane Fellaini terlambat saat akan menyudul bola.

Ajax sendiri bukan tanpa peluang. Mereka nyaris mencetak gol di menit ke-15. Membangun serangan dari sisi kanan pertahanan MU, Bertrand Traore melepaskan tendangan keras terarah. Untung bagi MU, kiper Sergio Romero berada dalam posisi tepat untuk menangkap bola.

Di menit ke-18, MU akhirnya mampu memecahkan kebuntuan. Pogba yang membuat suporter MU bergemuruh. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti yang sempat membentur Davinson Sanchez tak mampu digagalkan kiper Ajax, Andre Onana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajax Kerja Keras

Proses gol gelandang Manchester United (MU) Paul Pogba ke gawang Ajax Amsterdam pada final Liga Europa 2016/2017. ((AP Photo/Michael Sohn)

Di menit ke-24, kiper Onana kembali harus bekerja keras untuk menghalau serangan MU. Untungnya, ia masih mampu membendung tendangan keras Antonio Valencia dari sisi kanan serangan MU.

Kendali permainan terus berada dalam penguasaan MU hingga menit ke-35. Namun, belum ada peluang yang kembali benar-benar mengancam gawang Ajax.

Di menit ke-37, Traore sempat memperlihatkan aksi memukau. Ia menggiring bola dan mampu melewati beberapa pemain MU. Sayang ketika tiba di kotak penalti MU, striker pinjaman dari Chelsea itu justru kehabisan tenaga.

Di sisa waktu, Ajax yang justru lebih banyak menguasai bola. Namun, mereka tetap tak mampu memaksimalkannya dengan mencetak gol penyeimbang. Keunggulan 1-0 MU pun bertahan hingga jeda turun minum.

Susunan Pemain

Ajax: Onana; Veltman, Riedewald, Sanchez, De Ligt, Sanchez, Klaassen, Ziyech, Schone, Traore, Younes, Dolberg

MU: Romero; Darmian, Smalling, Valencia, Fellaini, Mata, Mkhitaryan, Blind, Herrera, Pogba, Rashford

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.