Sukses

Lorenzo Yakin Bisa Kompetitif di MotoGP Catalunya

Menurut Lorenzo, perubahan tata letak di sirkuit MotoGP Catalunya menguntungkan timnya.

Liputan6.com, Catalunya - Jorge Lorenzo meyakini tim Ducati bakal tampil kompetitif di MotoGP Catalunya, Juni mendatang. Menurutnya, perubahan tata letak lintasan Sirkuit Catalunya seperti mencocokkan kuda besi RC213V.

Hal ini, kata Lorenzo, tentunya bakal buat kompetitor seperti Honda dan Yamaha bakal sulit memenangkan balapan. Ketuntungan bagi Honda, tentu saja.

MotoGP Catalunya sendiri akan digelar pada 11 Juni 2017. Sebelumnya, para pembalap akan terlebih dahulu tampil di MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, 4 Juni 2017.

Sirkuit Catalunya memang telah mengalami perubahan lay out usai kecelakaan maut yang menimpa Luis Salom di tikungan 12, beberapa waktu lalu. Federasi Motorsport Internasional (FIM) akhirnya mengubah tata letak MotoGP dengan Formula 1.

Tapi, Lorenzo merasa perubahan itu seperti menguntungkan tim Honda. Hal ini dirasakan X-Fuera selama menjalani pengujian privat di Sirkuit Catalunya.

"Honda bisa mengambil keuntungan dari perubahan ini. Mereka jauh lebih cepat di tikungan lambat di gigi pertama, dan mereka jauh lebih baik," ujar Lorenzo seperti dikutip dari Eurosport, Jumat (26/5/2017).

Tentu saja Lorenzo berharap Honda bisa tampil kompetitif di MotoGP Catalunya. "Di bagian lintasan lainnya, kami jauh lebih baik dan sangat mirip dengan mereka," ujar Lorenzo, lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Dimanfaaatkan

Menurut Lorenzo, kondisi ini harus benar-benar dimanfaatkan Ducati. "Sektor terakhir dibuat untuk Honda, mereka tiga persepuluh lebih cepat. Dalam sisa trek, kita OK. Kami sangat mirip dengan mereka," pungkasnya.

Di bagian terpisah, rekan setim Lorenzo, Andrea Dovizioso, mengatakan chicane baru memang kurang begitu ideal buat motor. Tetapi semua orang mungkin setuju dengan perubahan ini.

Pasalnya, itu jauh lebih aman daripada tata letak sebelumnya. "Pihak penyelenggara telah membuat keputusan yang tepat," ujar Dovizioso. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.