Sukses

Selain Kiper AC Milan, Ini 5 Wonderkid Terbaik Eropa

Pada Serie A musim 2016/17, Donnarumma bermain dalam 38 pertandingan, posisinya tak tergantikan sebagai kiper AC Milan.

Liputan6.com, Jakarta - Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma dinilai sebagai pemain terbaik Eropa saat ini. Usianya yang masih 18 tahun sudah menjadi penjaga gawang andalan I Rossineri (sebutan AC Milan).

Pada Serie A musim 2016/17, Donnarumma bermain dalam 38 pertandingan, posisinya tak tergantikan. Dia melakukan 12 clean sheets untuk AC Milan.

Donnarumma tercatat melakukan 135 penyelamatan di bawah mistar gawang AC Milan. Kiper kelahiran Castellammare di Stabia, juga menggagalkan dua eksekusi penalti lawan.

Ketangguhan Donnarumma di bawah mistar gawang membuatnya diprediksi bakal menjadi penerus Gianluigi Buffon sebagai penjaga gawang utama Timnas Italia.

Selain Donnarumma, yang menjadi kiper AC Milan sejak 2015, ada lima pemain muda Eropa yang bernampilan baik sepanjang musim 2016/17. Siapa saja? Simak ulasannya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ousmane Dembele

Striker muda Timnas Prancis, Ousmane Dembele juga tampil cemerlang di Bundesliga. Striker berusia 20 tahun itu sukses membawa Borussia Dortmund menjuarai DFB Pokal.

Dembele berhasil mencetak enam gol dari 32 penampilan di Bundesliga. Dia tercatat sebagai pemain paling kreatif Dortmund pada musim lalu.

Mantan pemain Rennes itu menciptakan 63 peluang, 12 di antaranya berhasil menjadi gol. Selain itu, Dembele juga piawai mendribel bola. Dia memenangkan 105 dari 183 kesempatan menggiring bola dengan tingkat keberhasilan sebesar 57 persen.

Berkat penampilan gemilangnya ini, Dembele pun memikat klub-klub besar Eropa. Barcelona dikabarkan kepincut dengan talenta muda asal Prancis ini.

3 dari 6 halaman

Kasper Dolberg

Ajax Amsterdam terus mencetak pemain muda berbakat. Pada musim 2016/17, striker kehaliran Silkeborg, Denmark, Kasper Dolberg muncul sebagai salah satu wonderkid menjanjikan.

Striker berusia 19 tahun itu sukses mengantarkan Ajax menjadi finalis Liga Europa musim ini. Dia berhasil mencetak 16 gol dari 28 penampilan di Liga Belanda, Dolberg menjadi mesin gol Ajax.

Dia juga menyumbang enam assists dan 28 peluang yang sukses diciptakannya. Dolberg juga jago mempertahankan bola di kakinya.

Dari 73 kesempatan mendribel bola, Dolberg berhasil sebanyak 48 kali. Persentase keberhasilannya ketika menggiring bola sebesar 66 persen.

4 dari 6 halaman

Kylian Mbappe

Usianya masih 18 tahun, tapi Kylian Mbappe menjelma sebagai salah satu striker muda terbaik di Eropa. Bersama AS Monaco, Mbappe berhasil mencetak 15 gol dari 29 penampilan di Ligue 1 2016/17.

Mbappe juga menjadi kreator muda terbaik di Eropa. Dia menciptakan 31 peluang, delapan di antaranya berhasil menjadi gol. Ketajamannya dalam mencium peluang membawa AS Monaco juara Ligue 1.

Kehebatan Mbappe membuat raksasa Spanyol, Real Madrid tertarik. Bahkan, juara Liga Champions sebanyak 12 kali itu bersedia membayar Mbappe seharga Rp 2 triliun.

5 dari 6 halaman

Youri Tielemans

Di Liga Belgia ada gelandang yang dikatakan mempunyai kemampuan mirip dengan pemain Barcelona, Andres Iniesta. Gelandang berusia 20 tahun ini bermain untuk Anderlecht sejak 2013 hingga 2017.

Pemain yang dimaksud adalah Youri Tielemans. Dia bahkan sudah bersaing dengan Marouane Fellaini, Eden Hazard, Kevin De Bruyne, dan Radja Nainggolan untuk mendapat satu tempat di skuat Timnas Belgia.

Pada musim 2016/17, bersama Anderlecht, Tielemans berhasil mencetak 18 gol serta 15 assist di segala kompetisi. Kemampuannya sudah dicium AS Monaco.

Juara Ligue 1 itu sudah mendapatkan tanda tangan Tielemans. Untuk mendapatkannya, AS Monaco harus mengeluarkan uang sebanyak 25 juta euro (Rp 372 miliar).

6 dari 6 halaman

Dele Alli

Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli tampil menggila di Liga Inggris 2016/17. Dia pun terpilih sebagai pemain muda terbaik Liga Inggris.

Pria berusia 21 tahun itu mampu membawa Spurs menjadi runner up Liga Inggris. Alli juga mencetak 18 gol dari 37 penampilan. Dia juga menyumbang tujuh assists dari 51 peluang yang diciptakannya.

Alli sangat jago dalam melepaskan umpan panjang. Dari 83 usahanya, Alli berhasil melepaskan 60 umpan panjang dengan tingkat keberhasilan sebesar 81 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.