Sukses

Piala Konfederasi: Ronaldo Bawa Portugal Bungkam Rusia

Portugal kini berpeluang besar lolos ke semifinal Piala Konfederasi berkat sumbangsih Ronaldo.

Liputan6.com, Moscow - Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan Portugal pada laga kedua Grup A Piala Konfederasi 2017. Kontribusinya membawa Portugal menaklukkan Rusia 1-0 di Otkrytiye Arena, Rabu (21/6/2017) malam.

Aksi Ronaldo pun membawa Portugal untuk sementara menguasai klasemen Grup A Piala Konfederasi. Mereka meraih empat poin dari dua laga. Sebelumnya, Portugal hanya bisa bermain imbang 2-2 melawan Meksiko.

Bagi Ronaldo, laga melawan Rusia juga menjadi momen spesialnya. Ia melanjutkan tren positif dengan selalu mencetak gol untuk Portugal di setiap ajang besar. Total, sudah 74 gol yang dilesakkan penyerang Real Madrid itu bersama negaranya, termasuk tiga edisi Piala Dunia dan empat Piala Eropa.

Jalan Pertandingan

Di awal laga, Portugal sempat grogi menghadapi tuan rumah. Beberapa kali pemain mereka begitu mudah kehilangan bola. Namun, kondisi itu tak berlangsung lama. Melewati menit kelima, mereka mulai lepas dari tekanan.

Pada akhirnya, Portugal pun membuka keunggulan di menit kedelapan. Berkat umpan cantik Jose Guerreiro, Ronaldo pun dengan mudah menaklukkan kiper Igor Akinfeev dengan tandukannya.

Ternyata, gol tersebut justru membuat Rusia lebih fokus menjaga pertahanan. Hal itu membuat Portugal semakin leluasa menggempur pertahanan mereka. Memasuki menit ke-32, Ronaldo nyaris menggandakan keunggulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dominasi Portugal

Setelah melewati Viktor Vasin, Ronaldo yang sudah berhadapan langsung dengan Akinfeev justru gagal menceploskan bola. Bola sepakannya mengenai kaki kiper CSKA Moscow tersebut.

Rusia sempat memiliki peluang untuk menyamakan skor di menit ke-41. Penyerang Fyodor Smolov yang tak terkawal justru tak mampu mengarahkan bola ke sasaran. Padahal, itu adalah peluang emas pertama yang didapat Rusia sejauh ini. Keunggulan 1-0 Portugal pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Ekspresi kekecewaan Cristiano Ronaldo usai gagal menambah keunggulan buat Portugal atas Rusia di Piala Konfederasi 2017. (Yuri KADOBNOV / AFP)

Di babak kedua, Portugal kembali nyaris menggandakan keunggulan. Mengkonversi umpan Cedric Soares, Andre Silva nyaris mencetak gol lewat sundulan. Beruntung bagi Rusia, gawang mereka terselamatkan berkat aksi memukau Akinfeev.

Di sisa waktu, jalannya pertandingan bisa dibilang menjadi milik Portugal. Namun, anak asuh Fernando Santos itu tak mampu menambah keunggulan hingga laga berakhir. Keunggulan 1-0 Portugal bertahan hingga bubar.

Susunan pemain:

Rusia: Akinfeev; Kombarov (Poloz 68), Dzhikiia, Vasin, Shishkin (Erokhin 46), Kudrjasov (Bukharov 83); Samedov, Glushakov, Golovin, Zhirkov; Smolov.

Portugal: Rui Patrício; Cédric, Pepe, Alves, Guerreiro (Eliseu 66); Gomes, William, Adrien (Danilo Pereira 78), B. Silva; A.Silva (Gelson Martins 78), Ronaldo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.