Sukses

5 Striker Terhebat yang Pernah Dimiliki MU

MU hampir setiap dekade melahirkan penyerang-penyerang hebat.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) akhirnya melepas striker andalannya, Zlatan Ibrahimovic. Meski tampil tajam pada 2016/17, The Red Devils memutuskan tidak memperpanjang kontrak penyerang veteran itu.

Tidak dipertahankannya Ibrahimovic oleh MU terungkap setelah pihak Liga Inggris merilis daftar pemain yang akan dipertahankan dan dilepas oleh klub-klub peserta kompetisi musim 2016/17.

Kontrak penyerang berusia 35 tahun itu akan berakhir pada 30 Juni mendatang. MU merekrut Ibrahimovic dengan kontrak berdurasi satu tahun pada 2016.

MU hampir setiap dekade melahirkan penyerang-penyerang hebat. Ada beberapa pemain yang dinilai masuk dalam kriteria itu.

Di antaranya penampilan profesional, kepentingan mereka kepada tim, pengaruhnya untuk memenangkan permainan dan piala, kualitas individu, umur panjang. Kemudian jumlah gol dan trofi, serta dampak umum pada klub selama mereka di Old Trafford.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Ole Gunnar Solskjær

Solskjaer adalah pelayan sejati klub. Dia tidak pernah mengeluh tentang perannya sebagai super sub, karena bermain di mana pun ia selalu dibutuhkan.

Setelah mengatasi cedera beberapa kali, Solskjaer  kembali mencetak gol untuk memenangkan Liga Champions pada 1999 untuk menyelesaikan treble.

Pemain berjuluk "Pembunuh Berwajah Bayi" ini adalah pencetak gol mematikan.

Striker asal Norwegia ini mencatatkan 366 penampilan dan 126 gol selama 11 tahun masa baktinya untuk MU. Dari 126 gol itu, 33 di antaranya hadir pada 15 menit terakhir pertandingan.

Masuk sebagai pemain pengganti, Solksjaer memang menakutkan, ia mencetak 28 gol sebagai pemain pengganti di mana itu adalah catatan terbaik pemain United.

Solskjaer mengakhiri kariernya pada 2007. Kala itu, ia berusia 34 tahun. Solskjaer menerima guard of honour di pertandingan terakhirnya dan mendapat tepuk tangan meriah dari 75 ribu fans yang hadir di Old Trafford.

Permainan: 366 Gol: 126 (0.34 per game) Gelar: 10

3 dari 6 halaman

4. Andy Cole

Pencetak gol yang produktif, dan dari hampir semua  gol yang Cole buat berkat kerja samanya dengan pasangan terbaik Dwight Yorke,

Yorke mengatakan bahwa antara ia dengan Andy Cole memiliki rasa saling pengertian yang bagus. Namun demikian, Yorke menilai kehebatannya dan Andy Cole tidak akan terjadi tanpa dukungan pemain-pemain hebat lain di MU.

Selama rentang 1998-2002, Dwight Yorke dan Andy Cole disebut-sebut sebagai duet penyerang berbahaya di Eropa. Dengan ciri permainan satu sentuhan dan saling memberikan assist, Yorke dan Cole mampu mencetak 53 gol untuk Manchester United.

Cole memberi United kekuatan yang mereka butuhkan untuk memperkuat diri sebagai tim paling dominan dalam sejarah Liga Inggris sepanjang 1990-an.

Permainan: 275 Gol: 121 (0,44 per game) Penghargaan utama: 8

4 dari 6 halaman

3. Ruud van Nistelrooy

MU kerap menelurkan para penyerang yang bukan cuma tajam, tapi sering kali menjadi idola. Salah satunya adalah ujung tombak berkebangsaan Belanda, Ruud van Nistelrooy.

Nistelrooy termasuk pencetak gol terbesar MU. Dia adalah seorang finisher yang bisa membuat hampir semua bola mengoyak jala gawang lawan. Pemain Belanda ini selalu berbahaya jika berada di dalam kotak penalti.

Ia telah mencetak 150 gol di semua ajang dalam lima musim bersama United.

Bisa dibilang Nistelrooy adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki oleh United. Capaian golnya selalu menakjubkan setiap musim.

Pada April 2000, MU memecahkan rekor transfer di Britania dengan memboyong Nistelrooy senilai 18,5 juta pounds. Nilai transfer Nistelrooy melampaui rekor pembelian Dwight Yorke dari Aston Villa ke MU senilai 12,6 juta pounds pada 1998.

Permainan: 219 Tujuan: 150 (0.69 per game) Penghargaan utama: 3

5 dari 6 halaman

2. Eric Cantona

Cantona adalah ikon dan pemimpin MU di dalam dan di luar lapangan. Dia adalah katalisator yang mengubah klub tersebut dari raksasa yang tertidur menjadi jagoan.

Cantona adalah teladan bagi generasi baru dan merupakan pesepakbola yang  jenius meskipun sombong.

Cantona mungkin pemain paling penting untuk MU di Liga Inggris, tapi striker terbesar klub pada era itu?
Tidak terlalu.

Selama empat setengah musim, Cantona mencatatkan 185 penampilan dan membuat 82 gol. Mengumpulkan sembilan gelar bergengsi dan lima gelar individu selama berbaju merah.

Meskipun keberadaan Cantona dapat dikatakan singkat, namanya hingga saat ini tetap diabadikan sebagai yang terbaik sekaligus menjadikan dirinya The King of Old Trafford, The King of Manchester.

Kegemilangan Cantona berubah hanya dalam waktu kurang dari satu tahun. Pada Januari 1995, ia melakukan tendangan terhadap suporter Crystal Palace, Matthew Simmons, yang dianggap menghina keluarganya.

Cantona dihukum delapan bulan tidak boleh bertanding. Ia kecewa berat karena menganggap FA tidak mengerti mengapa ia terpaksa melakukan itu. Ia bisa saja keluar dari United jika tidak ditahan oleh Fergie.

Permainan: 185 Sasaran: 82 (0,44 per game) Penghargaan utama: 6

6 dari 6 halaman

1. Wayne Rooney

Sebelum dia mengalahkan Sir Bobby Charlton menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di semua kompetisi, Rooney adalah pemain yang layak masuk dalam daftar teratas pemain terbesar MU.

Tidak ada striker MU lainnya selama era Liga Inggris yang telah memainkan lebih banyak peran, melakukan lebih banyak pekerjaan untuk tim atau menyesuaikan diri dengan situasi.

Perjuangan terakhir Rooney seharusnya tidak membayangi kecemerlangan masa lalunya. Dengan 12 trofi yang diraihnya itu adalah prestasi yang tak tertandingi dan memberi warna tersendiri untuk MU.

Rooney adalah pemain serba bisa. Dalam 13 musim di Old Trafford dia telah menjadi  striker kedua, playmaker, target man, pemburu, pemain tengah - apa pun dan segalanya tergantung pada apa yang dibutuhkannya. Intinya adalah pesepak bola multifungsi.

Rooney mengakui tidak puas dengan kesempatan bermain yang didapatkannya di musim ini. Striker Manchester United itu mengisyaratkan akan hengkang.

Permainan: 559 Sasaran: 253 (0.45 per game) Kehormatan utama: 12

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Eric Cantona

Video Terkini