Sukses

MotoGP: Lupakan Assen, Zarco Bidik Podium di Sachsenring

Zarco menjadi pembalap tim satelit dengan posisi terbaik di klasemen MotoGP 2017.

Liputan6.com, Assen - Balapan MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen berakhir antiklimaks bagi pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Memulai balapan dari posisi terdepan, Zarco malah hanya mampu finis di urutan ke-14.

Sejatinya, banyak yang memprediksi Zarco bakal tampil memukau pada MotoGP Belanda. Itu karena Zarco memiliki catatan positif sepanjang latihan bebas. Bahkan, ia sukses merebut pole position pada kualifikasi setelah unggul 0,065 detik atas Marc Marquez.

Start yang dilakukan rookie MotoGP 2017 itu di awal balapan sudah sangat bagus. Sayang, ia hanya bisa memimpin balapan hingga lap ke-12. Sedikit kesalahan, ia pun disalip pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Marquez.

Nasibnya semakin buruk karena kesalahannya dalam melakukan strategi. Ia menjadi pembalap pertama yang mengganti motor dengan ban khusus lintasan basah saat hujan diprediksi bakal turun. Ternyata, hujan deras tak kunjung terjadi hingga Zarco tak bisa melaju seperti sebelumnya.

Namun ia tak mau terlalu lama memikirkan hasil buruk tersebut. Pembalap berusia 26 tahun itu kini sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring, 30 Juni-2 Juli 2017.

"Sachsenring adalah lintasan yang menarik. Pada 2016, saya memenangi balapan Moto2 di sana, ketika itu dihiasi hujan, dan itu masih menjadi kenangan indah. Saya yakin bisa mendapatkan tiga hari yang indah di sini tahun ini," kata Zarco, dilansir Speedweek.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Berjuang

Sejauh ini, Zarco sudah menunjukkan rapor positif bersama Tech 3 di MotoGP 2017. Tak ada yang menduga Zarco bisa langsung beradaptasi dengan persaingan sengit di MotoGP. Sebelum MotoGP Belanda, catatan terburuk Zarco hanya saat finis di urutan ketujuh MotoGP Italia. Sisanya, ia selalu masuk lima besar.

Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco saat beraksi pada MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

"Saya memiliki perasaan yang bagus dengan motor yang membantu saya mendapatkan pole. Dalam perlombaan, saya juga memiliki start yang hebat. Dengan kecepatan ini, saya akan berjuang di Sachsenring dan menargetkan finis di podium. Sebelum liburan musim panas itu akan menjadi fantastis," ungkap Zarco.

Dengan rapor positif itu, Zarco saat ini duduk di urutan keenam klasemen MotoGP 2017. Pembalap asal Prancis itu sukses mengantongi 77 poin dari delapan balapan, terpaut 10 poin dari Dani Pedrosa yang menempati urutan kelima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.