Sukses

Pesta 4 Gol, Persib Permalukan Sriwijaya di Jakabaring

Persib kini menempati urutan sembilan klasemen Liga 1 2017.

Liputan6.com, Palembang - Emral Abus mengawali petualangan sebagai pelatih Persib Bandung dengan hasil menawan. Ia sukses membawa Persib menaklukkan Sriwijaya FC 4-1 pada pekan ke-23 Liga 1 2017 di Stadion Jakabaring, Senin (4/9/2017).

Ya, ini menjadi kali pertama Persib dipimpin Emral. Ia mengambil alih posisi yang sebelumnya ditempati Herrie Setyawan sejak kemunduran Djadjang Nurdjaman. Di luar dugaan, debutnya membawa Persib melanjutkan tren tak terkalahkan jadi lima laga.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Persib yang justru mengambil alih kendali permainan. Laga baru memasuki menit kedelapan, Febri sudah mulai mengancam pertahanan Sriwijaya yang dijaga Bobby Satria dan Marckho Sandy.

Ia memperlihatkan aksi individu mengesankan dengan berlari dari tengah lapangan ke tepi kotak penalti. Sayang ia tak mengakhiri aksinya dengan eksekusi tendangan bagus.

Tiga menit kemudian, bintang timnas Indonesia U-22 itu kembali mengancam. Namun, tendangan dari luar kotak penaltinya masih tak mengarah ke gawang kawalan Teja Paku Alam.

Setelah berkali-kali mencoba, gol yang dinanti akhirnya datang di menit ke-17. Umpan terukur yang dilepaskan Shohei Matsunaga dimaksimalkan Ezechiel dengan sundulan terbang yang menjebol gawang Sriwijaya.

Persib semakin di atas angin saat laga memasuki menit ke-32. Mereka sukses menggandakan keunggulan lewat gol Essien. Berawal dari umpan Febri, Teja Paku Alam melakukan tangkapan tak sempurna. Bola yang lepas dimanfaatkan Ezechiel untuk mengopernya kepada Essien.

Di sisa waktu, kedua tim sama-sama memiliki peluang untuk mencetak gol. Tapi, keunggulan 2-0 tim Maung Bandung tak berubah hingga wasit Abdul Rahman Salasa meniup peluit tanda jeda babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Babak kedua dimulai, giliran Sriwijaya yang mencoba untuk mengambil alih permainan. Dalam enam menit pertama, mereka beberapa kali mengancam gawang M Natshir. Salah satunya adalah peluang yang gagal dimaksimalkan Muhammad Nur Iskandar di menit ke-51.

Dua menit kemudian, sempat terjadi kemelut di kotak penalti Persib. Sialnya, kesempatan itu juga gagal dimanfaatkan Bobby Satria yang mendapatkan bola muntah menyusul tendangan keras Yoo Hyun Koo.

Ironisnya, gawang Sriwijaya justru kembali kebobolan di menit ke-60. Kali ini adalah akibat pergerakan impresif Febri. Pemain berusia 21 tahun itu melakukan manuver dari sisi kiri pertahanan Sriwijaya yang diakhiri dengan tendangan mendatar ke gawang Teja Paku Alam.

Tertinggal 0-3 tak membuat Laskar Wong Kito kehilangan semangat juang. Mereka masih berupaya untuk menciptakan gol balasan. Alberto Goncalves sempat mendapatkan peluang di emas di menit ke-68. Namun, peluang itu gagal dikonversi setelah sepakannya masih melebar.

Jelang laga berakhir, Persib masih terlihat berniat untuk menambah keunggulan. Buktinya, pelatih Emral memasukkan Raphael Maitimo dan Atep. Kehadiran Maitimo membuat keunggulan Persib bertambah.

Di masa injury time, Maitimo mengirimkan umpan yang dimaksimalkan Billy Keraf. Sriwijaya sendiri baru bisa memberikan perlawanan tak lama setelah itu. Tim asuhan Hartono Ruslan itu memperkecil kedudukan menjadi 1-4 lewat gol Tijani Belaid.

Susunan Pemain:

Sriwijaya: Teja Paku Alam, Yanto Basna, Bobby Satria, Marckho Sandy, Gilang Ginarsa, Ichsan Kurniawan, Yoo Hyun Koo, Tijani Belaid, Muhammad Nur Iskandar, Hilton Moreira, Alberto Goncalves

Persib: M Natshir; Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Henhen Herdiana, Kim Jeffrey, Dedi Kusnandar, Michael Essien, Febri Hariyadi, Shohei Matsunaga, Ezechiel N'Douassel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.