Sukses

5 Fakta Menarik Jelang MotoGP San Marino Tanpa Rossi

Valentino Rossi tidak bisa tampil di MotoGP San Marino karena cedera.

Liputan6.com, Misano - MotoGP seri ke-13 yang akan berlangsung di sirkuit San Marino, Italia, Minggu ini dipastikan tanpa kehadiran Valentino Rossi. Pembalap Movistar Yamaha itu tidak bisa tampil karena masih dalam proses pemulihan usai mengalami cedera saat latihan, Kamis lalu. 

Rossi mengalami patah kaki setelah terjatuh menggunakan sepeda motor off road. Saat ini, The Doctor sudah meninggalkan rumah sakit tapi butuh waktu untuk proses penyembuhan. 

Absennya Rossi tentu mengecewakan bagi warga di sana. Sebab mereka tidak bisa menyaksikan pembalap tuan rumah beradu cepat dengan pembalap-pembalap lainnya. 

Bagi Rossi, ini juga jadi kerugian besar. Sebab, peluangnya untuk merebut gelar juara dunia musim ini tentu saja semakin tipis. Padahal, balapan di San Marino merupakan kesempatan bagi Rossi untuk mempersempit jarak dengan pembalap-pembalap MotoGP di atasnya. 

Seperti diketahui saat ini Rossi masih berada di urutan keempat dengan torehan 157 poin. Dia tertinggal 26 poin dari Andrea Dovizioso yang berada di puncak klasemen MotoGP.  

Meski tanpa kehadiran Rossi, bukan berarti balapan di San Marino bakal berlangsung tanpa greget. Sebab pembalap lainnya seperti Marc Marquez, Vinales, dan Dovizioso juga akan berjuang sekuat tenaga untuk memuluskan langkah menjadi juara dunia tahun ini. 

Persaingan ini juga dibumbui sejumlah fakta menarik seputar MotoGP San Marino. Simak rinciannya di halaman berikut. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta menarik jelang GP San Marino:

1. Ini akan menjadi balapan edisi ke-21 di Sirkuit Misano, yang telah berganti nama dengan Misano World Circuit Marco Simoncelli dalam menyelenggarakan balap MotoGP

2. Dani Pedrosa adalah juara bertahan di GP San Marino.

3. Yamaha menjadi tim tersukses di kelas MotoGP sejak Misano kembali menggelar balapan pada 2007 dengan 6 kemenangan. Sedangkan Honda baru mengemas 2 kemenangan dan Ducati baru sekali.

4. Jorge Lorenzo dan Marc Marquez menempatkan namanya sebagai pembalap tersukses di GP San Marino sejak kembali pada kalender MotoGP pada 2007. Keduanya masing-masing mencatat 4 kemenangan. Lorenzo (3 kali di MotoGP dan 1 di kelas 250cc), dan Marquez (sekali di MotoGP dan 2 kali Moto2 serta sekali di 125cc).

5. Ducati baru 3 kali meraih podium di GP San Marino sejak 2007. Casey Stoner keluar sebagai juara pada 2007, Toni Elias finis ke-3 (2008), dan terakhir diraih Valentino Rossi dengan podium ke-2 pada 2012.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.