Sukses

MotoGP: Bakal Bantu Vinales, Rossi Menyerah Kejar Juara?

Jika situasinya memungkinkan Rossi mengaku siap membantu Vinales di MotoGP Jepang.

Liputan6.com, Motegi - Valentino Rossi bukan tak mungkin bakal membantu rekan setimnya di Yamaha Movistar, Maverick Vinales, dalam gelaran MotoGP Jepang, Minggu (15/10/2017). Namun,  bantuan itu hanya akan dilakukan Rossi dalam kondisi khusus.

"Saat ini tidak. Yamaha biasanya tak melakukannya (team order)," kata Rossi saat ditanya kemungkinan membantu Vinales untuk meraih titel juara dunia, seperti dilansir Motorsport, Kamis (12/10/2017). 

"Namun, (memberikan bantuan) sangat tergantung dengan kondisi persaingan. Jika sangat dekat, mungkin bisa terjadi," imbuh The Doctor. 

Dengan koleksi 168 poin, Valentino Rossi bercokol di posisi kelima klasemen sementara MotoGP 2017. Dia tertinggal 56 poin dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang menempati puncak klasemen. 

Secara matematis peluang Rossi dalam perburuan gelar belum sepenuhnya tertutup. Namun, kansnya sangat kecil karena musim ini hanya menyisakan empat seri, yakni di Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia (Spanyol).

Tampaknya Rossi sangat menyadari posisinya ini, sehingga siap membantu Vinales dalam kondisi tertentu. 

Kans Vinales mengejar Marquez memang lebih terbuka, karena hanya terpisah margin 24 poin. Pembalap asal Spanyol tersebut menduduki peringkat ketiga, defisit 14 poin dari Andrea Dovizioso di posisi kedua klasemen pembalap MotoGP. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Seru

Rossi sendiri menyebut perburuan gelar juara MotoGP masih akan tetap seru. "Situasi ini (perburuan gelar juara dunia) menarik karena tiga pabrikan (Yamaha, Honda, Ducati) memiliki pembalap kedua yang cepat dan mungkin bisa membantu dalam perburuan gelar. Jadi, kita lihat saja nanti," kata Rossi. 

Pembalap kedua yang dimaksud Rossi tak lain Dani Pedrosa di Repsol Honda yang berpotensi membantu Marquez. Adapun di Ducati, Dovizioso bisa mendapatkan bantuan dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.