Sukses

Beli Klub NBA, Konglomerat Tiongkok Bakal Pecahkan Rekor

Bos Alibaba dikabarkan akan membeli saham klub Nets senilai 49 persen.

Liputan6.com, Brooklyn Tak hanya berinvestasi di sepak bola, konglomerat Tiongkok mulai melebarkan sayap ke klub basket NBA. Salah satu pendiri e- commerce Alibaba, Joseph Tsai selangkah lagi membeli klub NBA Brooklyn Nets.

Pemilik saham mayoritas Nets saat ini Mikhail Prokhorov dikabarkan Wall Street Journal sudah setuju untuk menjual 49 saham Nets kepada Tsai. 

Berdasarkan ketentuan penjualan Nets yang pertama kali dilaporkan oleh ESPN, Tsai dapat memilih untuk membeli saham pengendali di Nets setelah empat tahun, namun bukan 100 persen kepemilikan.

Meski Nets merupakan klub terburuk di NBA musim lalu, Tsai konon harus merogoh kocek hingga 2,3 miliar dolar Amerika Serikat. Nilai ini merupakan rekor pembelian termahal untuk sebuah klub NBA.

Sebelumnya Los Angeles Clippers dijual senilai dua miliar dolar, sedangkan Houston Rockets dilego 2,2 miliar dolar.

Penjualan Nets ini tidak termasuk markas klub, Barclays Center yang dibangun ketika mereka pindah ke Brooklyn tahun 2012 - dua tahun setelah dimiliki Prokhorov.

Tsai merupakan salah satu pendiri Alibaba bersama Jack Ma. Saat ini dia merupakan pemegang saham individual terbesar kedua di Alibaba setelah Jack.

Pria kelahiran Taiwan itu memang dikenal menyukai olahraga. Sewaktu menempuh pendidikan di Amerika Serikat, Tsai aktif bermain bola basket.

Kabar pembelian Nets oleh Tsai sudah mencuat sejak beberapa bulan lalu. Juru bicara Alibaba sempat membantahnya. Namun nampaknya Tsai benar-benar jadi membeli Nets.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.