Sukses

Asian Games 2018, Indonesia Targetkan Tembus 10 Besar

Pemerintah memang mengincar empat sukses dalam perhelatan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Panitia Asian Games, Inasgoc, menargetkan Indonesia masuk 10 besar Asian Games 2018. Selain itu, pemerintah memang mengincar empat sukses dalam perhelatan Asian Games 2018, yaitu sukses penyelenggara, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan sukses administrasi.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana, meminta jajaran Bakohumas se-Indonesia agar menyampaikan ke publik persiapan Asian Games di Jakarta dan Palembang serta mengenai target Indonesia masuk jajaran 10 besar dalam perolehan medali Asian Games 2017.

“Pesan Pak Menteri (Menpora), seluruh rakyat Indonesia harus tahu Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018, bukan hanya Palembang dan Jakarta. Kalau kita bicara tempat (pelaksanaan), ya Jakarta-Palembang, tapi tuan rumahnya ya Indonesia,” kata Mulyana.

“Prestasi itu wajib, sebagai host (Indonesia) punya dampak menguntungkan, seluruh masyarakat bisa mendukung atlet kita,” ujarnya.

Untuk masuk 10 besar, pemerintah mengejar perolehan medali dari cabang-cabang olahraga privilege bagi Indonesia, yakni pencak silat (16 nomor), bridge, paraclimbing, dan jetski. Di empat cabang olahraga ini, ucap Mulyana, pemerintah menargetkan perolehan medali lebih dari 50 persen untuk mendongkrak peringkat Indonesia di Asian Games 2018.

Sementara itu, cabor andalan ,lain yaitu bulu tangkis, Indonesia hanya menargetkan dua medali emas lewat nomor ganda putra dan ganda campuran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semarak

Di sisi lain, Raja Parlindungan Pane, Ketua Deputi I INASGOC meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menyemarakkan Asian Games di masing-masing daerah.

Sebagai ajang olahraga terbesar kedua di dunia, Raja memaparkan, Asian Games 2018 akan dihadiri 15 ribu atlet dan official dari 40 negara, 2.500 VVIP dan OCA Family, 5.000 wartawan, dan 20 ribu relawan dan tenaga kerja.

“Kami meminta Dinas Kominfo dan instansi terkait menyemarakkan Asian Games 2018 di daerah masing-masing. Ayo kita jadi bagian sejarah Asian Games. Semua Negara antre untuk mendapatkan jatah tuan rumah Asian Games. Kita belum tahu kapan dapat giliran lagi menjadi tuan rumah Asian Games,” ujar Raja.

3 dari 3 halaman

Target Pemerintah

Sejumlah persiapan yang berkaitan dengan perhelatan Asian Games 2018 telah berjalan sesuai target pemerintah. Mulai dari tempat penyelenggaraan, sarana dan prasarana, hingga kesiapan para atlet.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani kepada Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas tentang perkembangan persiapan Asian Games ke-18 tahun 2018, Selasa, 21 November 2017 LALU, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Semua hal yang harus dilakukan berkaitan dengan sukses prestasi, sukses penyelenggara, dan sukses sarana-prasarana berkaitan Asian Games 2018 insyaallah sudah on the track," ujar Puan kepada wartawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.