Sukses

Asian Games: Indonesia Berpeluang Raih Emas di 19 Nomor

Hitungan peluang medali emas kontingen Indonesia di Asian Games menurut Kemenpora dan cabang olahraga serta KONI berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyebut peluang kontingen Indonesia meraih medali emas di Asian Games 2018 berada pada 19 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga.

"Peluang medali emas menurut versi kami hingga Januari ini ada pada 18-19 nomor pertandingan. Tapi, kami akan terus memantau perkembangan setiap tiga bulan sekali hingga Juli mendatang," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Mulyana di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018) malam, seperti dinukil dari Antara.

Ia mengatakan, hitungan peluang medali emas kontingen Indonesia di Asian Games menurut Kemenpora itu berbeda dengan hitungan cabang-cabang olahraga maupun penghitungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Peluang medali emas Indonesia versi cabang-cabang olahraga itu ada 50 nomor pertandingan. Adapun, KONI menghitung berdasarkan cabang olahraga, yaitu 16.

Asian Games 2018 bakal digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Atlet

Seorang atlet basket putra menggiring bola saat berlatih di Gor Istana Kana, Jakarta, Jumat (12/1). Latihan ini untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Asian Games 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Kemenpora mencatat daftar atlet yang masuk program pemusatan pelatihan nasional 2018 mencapai 760 atlet. "Jika dihitung total bersama pelatih dan pendukung, kontingen Indonesia mencapai lebih dari 1.250 orang," ucap Mulyana.

Namun, Kemenpora akan bekerja bersama KONI untuk memverifikasi dan mengawasi program latihan cabang-cabang olahraga menyusul potensi pengurangan jumlah orang dalam kontingen Merah-Putih.

"Kami sudah melaporkan kepada komandan kontingen terkait kemungkinan pengurangan atlet menyusul program promosi dan degradasi atlet. Namun, komandan kontingen tetap mengharapkan semua atlet masuk," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Anggaran Pelatnas

Terkait anggaran pelatnas, Mulyana mengatakan 37 dari 40 cabang olahraga telah menyepakati pencairannya, kecuali sambo, hoki, dan kabaddi.

Total anggaran yang telah dialokasi Kemenpora bagi cabang-cabang olahraga yang menyepakati program pelatihan nasional 2018 mencapai lebih dari Rp 470 miliar dari Rp 735 miliar yang dianggarkan bersama alokasi kebutuhan Komite Paralimpiade Nasional (NPC).

"Anggaran untuk cabang-cabang olahraga itu lebih dari Rp 470 miliar ditambah NPC Rp 130 miliar maka total lebih dari 600 miliar," papar Mulyana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.