Sukses

Liga 1: Lilipaly Bantu Bali United Bungkam PSMS Medan

Lilipaly mencetak gol kemenangan Bali United pada laga perdana Liga 1 2018.

Liputan6.com, Gianyar - Laga perdana Liga 1 2018 sukses dimaksimalkan Bali United untuk meraup tiga poin. Menjamu PSMS Medan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (24/3/2018), anak asuh Widodo Cahyono Putro itu menang 1-0.

Adalah Stefano Lilipaly yang tampil sebagai pahlawan Bali United. Meski sempat menyia-nyiakan peluang emas, pada akhirnya ia mencetak gol yang menghasilkan tiga poin buat tuan rumah.

Sebagai tuan rumah, Bali United langsung mengambil inisiatif serangan untuk mendapatkan gol pertama. Bahkan, seharusnya mereka sudah membuka keunggulan saat laga belum genap berjalan tiga menit.

Saat itu, bola upaya Bali United hasil eksekusi tendangan bebas Irfan Bachdim bersarang di gawang PSMS kawalan Abdul Rohim. Sayang, wasit harus menganulirnya karena Demerson berada dalam posisi offside.

Selanjutnya, giliran PSMS yang memiliki peluang untuk membuka keunggulan dalam dua menit beruntun. Pertama, Frets Butuan mendapatkan peluang emas di dalam kotak penalti, namun sepakannya tak menemui sasaran. Lalu, giliran Yessoh yang melakukan upaya lewat sundulan di menit kesembilan.

Memasuki menit ke-21, Bali United kembali mendapatkan peluang lewat Ahn Byung-Gun. Ia menerima umpan dari Bachdim dan langsung melakukan sontekan. Beruntung bagi PSMS, masih ada Reinaldo Lobo yang melakukan penyelamatan.

Sepuluh menit kemudian, PSMS nyaris memecahkan kebuntuan. Adalah Frets yang melepaskan tendangan keras dari sisi kanan pertahanan Bali United. Kiper Wawan Hendrawan melakukan tangkapan tak sempurna, tapi masih belum bisa menjadi gol.

Di menit ke-34, giliran Ilija Spasojevic yang melakukan percobaan. Ia menerima umpan Nick van Verden dari sisi kiri. Spaso memang sukses menyundul bola, tapi arahnya masih tak sesuai sasaran.

Bachdim kembali mendapatkan peluang emas. Ia mendapatkan umpan matang dari I Made Andhika di dalam kotak penalti. Sayang, sambaran Bachdim masih tak membuahkan gol. Pada akhirnya, babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua baru memasuki menit ke-47, Bali United sudah mendapatkan peluang emas. Stefano Lilipaly mencoba untuk meneruskan umpan terobosan Spaso. Meski sudah melewati kiper, sentuhan Lilipaly malah membentur mistar gawang.

Di menit ke-50, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu melancarkan serangan bertubi-tubi ke arah pertahanan PSMS. Beruntung, kiper Abdul Rohim masih sigap untuk menyelamatkan gawangnya. Sayang, ketangguhan Rohim hanya bertahan hingga menit ke-56.

Tuan rumah akhirnya mampu menjebol gawang anak asuh Djadjang Nurdjaman tersebut. Umpan mendatar Nick van der Velden dari sisi kanan pertahanan tim Ayam Kinantan mampu dikonversi Lilipaly menjadi gol.

Dua menit kemudian, terjadi aksi saling serang menarik dari kedua tim. Pertama, PSMS nyaris menciptakan gol penyieimbang andai bola tak membentur tiang gawang. Lalu, Bali United melancarkan serangan balik lewat dua upaya Bachdim dan Spaso yang masih bisa digagalkan Rohim.

PSMS benar-benar harus berterima kasih kepada Rohim. Ia kembali memperlihatkan aksi memukau di menit ke-60 dan ke-62. Pertama, ia menggagalkan peluang Lilipaly. Dua menit kemudian, giliran usaha Bachdim yang dibuat berujung kegagalan.

Di menit ke-70, Kisito Yessoh nyaris membawa PSMS menyamakan skor. Ia sempat mengecoh dua pemain Bali United di dalam kotak penalti. Sayang, bola sepakannya masih mengarah ke atas mistar gawang.

Di sisa waktu, kedua tim sama-sama memiliki banyak peluang untuk mencetak gol. Bahkan, tensi permainan sempat memanas hingga laga dihentikan sejenak. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan bubar.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Bali United: Wawan Hendrawan; Demerson, Ahn Byung-Gun, Ricky Fajrin, I Made Andhika Wijaya, M Taufiq (Nyoman Sukaraja 83), Nick van der Velden, Fadil Sausu, Irfan Bachdim (Miftahul Hamdi 76), Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly

PSMS Medan: Abdul Rohim; M Roby, Reinaldo Lobo, Jajang Sukmara, Abdul Akbar (Suhandi 81), Dilshod Sharofetdinov, Fredyan Wahyu (Gusti Sandria 59), Sadney Urikhob, Antoni Putro Nugroho (Legimin Raharjo 46), Frets Butuan, Kisito Yessoh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.