Sukses

Ironis...Afsel Gagal Lolos ke Babak Play-off

Afrika Selatan gagal mencapai putaran final Piala Dunia meski berhasil mengalahkan Botswana 4-1 pada pertandingan terakhir grup

Suasana di Stadion Moses Mabhida, Sabtu (7/9/2013), terasa mencekam. Para penonton yang memadati stadion tak kuasa menahan kekecewaan setelah Timnas Afrika Selatan gagal melangkah ke putaran selanjutnya. Afrika Selatan sebenarnya bisa mengalahkan tamunya Botswana 4-1 dalam laga lanjutan Grup A Zona Afrika kualifikasi Piala Dunia. Namun, hasil tersebut tidak cukup membawa Afrika Selatan lolos ke babak berikutnya.

Kemenangan 2-1 Ethiopia atas Republik Afrika Tengah telah membuyarkan harapan mereka. Bafana-Bafana hanya menempati posisi kedua grup di belakang Ethiopia.

Dalam pertandingan ini, Afrika Selatan harus menang untuk memiliki kesempatan play-off ke putaran final di Brasil musim panas mendatang. Karena itu, sejak awal pertandingan tim tuan rumah langsung mengambil inisiatif penyerangan. Akhirnya, pada menit ke-27 usaha mereka tercapai ketika striker Kermit Erasmus mencetak gol internasional pertamanya. Dean Furman kemudian menggandakan keunggulan sebelum babak pertama berahir. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Afrika Selatan 2-0.

Di babak kedua Bafana makin gencar melakukan serangan setelah mendengar Ethiopia sudah unggul 1-0 saat istirahat. Namun, justru gawang tuan rumah yang kebobolan lewat gol Jerome Ramatlhakwana di menit ke-73.

Suporter Afrika Selatan semakin tegang setelah mendengar Ethiopia kembali menggandakan keunggulannya. Sementara itu, tuan rumah kembali menambah kemenangan setelah Parker menjebol gawang Botswana.

Parker mencetak lagi gol dari titik penalti setelah itu, tapi hal itu tidak cukup untuk mengamankan tempat di babak play-off karena Ethiopia juga berhasil meraih tiga poin. Dan, tuan rumah Piala Dunia 2010 ini pun gagal memainkan bagian dalam turnamen musim panas mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.