Sukses

Misi Indonesia di SEA Games Myanmar: Pertahankan Juara Umum!

Indonesia harus merebut sekitar 115 sampai 125 medali emas jika ingin menjadi juara umum.

Kontingen Indonesia berkekuatan 674 atlet dalam mengikuti SEA Games ke-27 di Myanmar. Dengan kekuatan sebesar ini, Indonesia membidik target mempertahankan gelar juara umum yang direbut pada SEA Game di Jakarta dan Palembang 2011 lalu.

Menurut Chief De Mission SEA Games, Asrizal Tanjung, target ini merupakan evaluasi dari KOI dan Prima. "Indonesia selama ini selalu berhasil menjadi juara ketika menjadi tuan rumah. Tapi saat tampil di luar negeri, kita gagal juara umum. Bahkan pernah peringkat kelima di Filipina. Sekarang, kami tetap ingin mempertahankan gelar juara umum," katanya kepada wartawan, Rabu (13/11/2013).

Ada 460 nomer yang dilombakan di SEA Games nanti. Indonesia sendiri mengikuti 452 nomer. "Agar bisa menjadi juara, kita harus bisa memenangkan sekitar 25 persen medali atau sekitar 115 sampai 125 medali emas," tambahnya.

Hanya saja, tantangan ini jelas tidak mudah untuk dilakoni. Soalnya, lumbung emas Indonesia cukup tergerus di SEA Games kali ini. Menurut Asrizal, ada 61 emas yang direbut Indonesia pada SEA Games 2011 tidak dipertandingkan tahun ini.

"Tapi dengan kerja keras, percaya diri dan persiapan yang baik, kami yakin bisa meraih prestasi," tandas Asriza. "Potensi medali kita utamanya berasal dari cabang olahraga yang terukur. Setelah itu baru bela diri dan permainan." (Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini